Monbukagakusho

Siapa sih yang nggak tau tentang beasiswa Monbukagakusho atau yang sering disingkat Monbusho ini? Jadi saya nggak akan ngejelasin secara panjang lebar. Intinya beasiswa Monbusho itu adalah beasiswa pemerintah Jepang untuk mahasiswa asing yang ingin kuliah di sana.

Programnya antara lain adalah:

  1. Undergraduate (S1, D3 dan D2)
  2. Japanese Studies
  3. Research Student (S2 dan S3)
  4. Teacher Training

Dari dulu saya ngebet banget sama beasiswa ini, jadi setelah saya lulus SMA, saya coba mendaftar ke program undergraduate. Lalu GAGAL. Tapi saya menolak untuk menyerah. Kemudian saya masuk jurusan Pendidikan Bahasa Jepang agar bisa menjadi mahasiswa bidang kejepangan dan bisa ikut program Japanese Studies. Kalau masih belum dapat juga, setelah lulus kuliah saya mau daftar program Research Student nya. Kalau masih gagal juga, saya akan jadi guru bahasa Jepang, mengajar di SMA selama 5 taun dan ikut program Teacher Trainingnya… Haha. Perfect kan planning nya???

Untungnya tanpa saya harus menunggu jadi nenek-nenek Alhamdulillah saya bisa menyabet dua program dari Monbusho. Japanese Studies U to U dan Research Student. Yeeeeeey!!

Untuk info lengkap mengenai beasiswa Monbukagakusho, kalian bisa kunjungi website kedubes Jepang. Atau yang penasaran dengan cerita nista saya selama berjuang mendapatkan beasiswa, silahkan baca page Japanese Studies atau Research Student.

Selamat menjadi nista bersama gue….. fufufufufu.